Selasa, 22 September 2020

8 Tempat Wisata di Korea

Malam Minggu kali ini kembali ikuti tour virtual bareng wisata creative Jakarta yang dipandu apik oleh Mba Ira Latief.

Terasa sekali gairah para pancinta drakor bersemangat saat akan di mulainya tour virtual kami. Ya termasuk saya, yang sudah penasaran banget ingin tau seperti apa sih negara asalnya para aktor drakor yang ganteng itu 

Saat dimulainya perjalanan tour kami, sudah terasa sekali setiap keunikannya. Saat mba Ira Latief sedang menjelaskan tentang semacam kartu yang berfungsi
sebagai tiket kereta bandara untuk sampai di Stasiun Seoul, namanya T-card Korea yang design-nya lucu loh. 

Perjalanan kami sampailah di Seoul. Mba Ira menjelaskan destinasi kami akan kemana saja. Dan juga di berikan informasi detil daerah mana saja sih di Korea Selatan yang wajib di kunjungi. 

Dan saat tiba di stasiun Kota Seoul, kita bisa loh menitip barang bawaan kita di tempat khusus penitipan barang. Bagus juga nih, buat para pelancong yang pastinya gak aka mau ribet dengan tas bawaannya karena ingin langsung memulai perjalanan tournya di kota Seoul.

Nah inilah tempat-tempat yang wajib kita kunjungi saat berada di Seoul.

1. Gyeongbok
Kami dibawa menuju lokasi pertama yaitu di Gyeongbok Palace. Namun ketika sampai di stasiun Seoul kita juga sudah berada di suatu kota yang berdampingan dapat terlihat jelas dari sisi modern dan juga tradisional nya. 

Perbedaan mencolok yang terlihat saat berada di Seoul, kita dapat temui bangunan-bangunan yang modern, seperti misalnya gedung-gedung yang tinggi dan modern dan juga ada rumah-rumah penduduk asli Korea yang masih tradisional. 

Pada tahun 50-an dulu terjadi perang saudara dan membuat terpisahnya antara Korea Selatan dan Korea Utara, begitu isi penjelasan dari Mba Ira.

Korea Selatan termasuk negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat padat. Perumpaaan kota Seoul itu seperti Jakarta lah, yang sering sekali adanya kemacetan lalu lintas, ini dikarenakan jumlah penduduk yang ada lebih dari 10 juta penduduk yang tinggal di kota Seoul. 
Bila kamu akan mengadakan tour disana, baiknya jam 9 pagi ya karena masih belum terlalu macet.

Korea Selatan ini adalah sebuah kota yang dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan. Jadi bisa terlihat ada beringin dan juga ada dengan pegunungan. Seimbang keduanya ada, satu sisi ada terlihat pengunungan dengan pohon-pohon cemara, sisi lainnya terlihat ada juga gedung-gedung pencakar langit yang megah. 

Ada yang spesial saat berada di kota Seoul. Kita dapat menjumpai sebuah lambang patung seorang Raja. Ini adalah patung dari Raja Sejong. Patung ini menjadi kebanggaan masyarakat Korea Selatan.

Rakyat Korea Selatan sangat mencintai Raja Sejong, karena beliau sangat berjasa dalam bidang sastra dan juga tekonologi, terbukti dari bahasa Hangeul yang dibuat oleh nya dan juga senjata tradisional dan juga mesiu.

Begitu besar rasa cinta rakyat kepada raja Sejong, sampai di abadikan dalam bentuk mata uang.

Raja Sejong adalah anak bungsu dari 3 bersaudara dari dinasty Joseon dan beliau menjadi seorang raja yang disayang oleh para rakyatnya karena beliau sangat membela kepentingan rakyatnya. Misalnya saat melepaskan warga Korea yang hampir dikuasai oleh Tiongkok dahulu. Dan menyelamatkan para petani yang tercekik oleh pajak dijaman itu.


2. Cheongye Stream
Ternyata ada juga loh sebuah sungai di tengah kota. Ini menjadi salah satu ikon wisata dan banyak diminati para turis. Para turis bisa menikmati sungai Cheongye Stream dengan aktivitas cuci kaki dan sering juga diadakan banyak festival di dekat sungai ini.

Dulunya di tahun 70-an pernah menjadi sengketa karena masih ada warga Korea Utara yang tinggal di situ, jadi pernah ditutup dan dijadikan sebuah jalan layang. 

Ketika ada perubahan yang terjadi di tahun 2000 saat itu walikota Seoul melihat bahwa polusi kota Seoul terus meningkat dan berencana merombak Cheongye Stream ini kembali fungsinya, dan proyeknya selesai di tahun 2005. 

Setelahnya, sungguh fantastis hasilnya karena dari hasil data yang diperoleh akhirnya tingkat polusi di kota Seoul mengalami penurunan yang cukup baik dan memunculkan adanya populasi burung. 

Sehingga warga Seoul dan juga para turis yang berada disana sangat merasa tentram dan damai saat mereka melewati dan menghabiskan waktu di Cheongye Stream.

3. Hanok Village

Perjalanan kami lanjutkan ke kawasan pedesaan. Di sini masih merupakan kawasan perkampungan yang sangat tradisional. 

Rumah-rumah di Hanok djadikan tempat menginap atau homestay untuk para turis yang sedang berkunjung. Boleh ya kita jadikan referensi nih, siapa tau besok ada rejeki bisa cobain juga menginap disana.



4. Gangnam Street
Sampailah kita ke Gangnam juga loh, dulu nama tempat ini sempat jadi trend saat dijadikan sebuah lagu "Gangnam Style". Dan kamu harus tau juga nih di Gangnam itu kurang lebih seperti kawasan elitnya orang Korea.

Sebenarnya lagu itu merupakan sebuah sindiran kepada orang-orang yang katanya mengaku orang yang tinggal di Gangnam dengan gayanya yang lebay perlente. Padahal sih, jika memang asli orang yang tinggal di Gangnam Street justeru akan bergaya biasa-biasa aja dan ga jadi dandan nya norak.

Segala apa aja disana mahal ga cocok bagi orang yang tidak kuat kagetan. Seperti misalnya  kalo ketemu toko berlian pada berjejer di daerah itu, karena yang tinggal disitu ya para kaum tajir melintir dan banyak artis-artis Korea dan juga Produsernya.

Konon lahan di Gangnam street ini juga paling paling mahal, bila disetarakan perkiraan nya seperti total lahan yang ada di kota Busan.

Ada Gangnam street , lalu ada pula Gangnam Road yang biasa dijadikan tempat shooting film drama korea. Nah ada juga Tedy Bear. Masyarakat Korea Selatan percaya nenek moyang mereka berasal dari Tedy Bear.

Kalian tau kan lagu "oppa Gangnam style" itu tuh sebuah sindiran kepada orang-orang yang katanya orang Gangnam namun gayanya perlente. Padahal jika memang asli dari Gangnam, dia akan bergaya biasa-biasa aja dan ga jadi norak.

5. Dongdaeumun
Lanjut perjalanan ke kawasan Dongdaeumun. Disana banyak sekali mall yang sering didatangi para turis. Khususnya turis dari Indonesia yang berburu oleh-oleh yang punya simbol Korea.

Saat kita berbelanja di Doota Mall ini, beberapa pegawainya juga banyak yang bisa berbahasa Inggris dan akan bertemu dengan para mahasiswa Indonesia yang ambil magang part time disini di mall ini. Mall ini sangat lengkap dari aksesoris beraneka ragam dewasa dan anak-anak, juga ada skincare, dan lainnya.

6. Myeongdong Street
Nah ini dia seperti perumpamaan Pasar Baru nya Jakarta. Banyak pilihan tempat dan barang untuk kita berbelanja.

Jangan khawatir bila sedang berada di kawasan Myeongdong Street, karena dikawasan in akan banyak ditemui para relawan yang membantu para turis untuk mengarahkan destinasi atau menolong untuk dibantu ketika terlihat sedang kebingungan arah. 
Bahkan negara yang mayoritas disini sudah masif sekali penyebaran agama Kristen baik protestan dan katolik ini juga menyebarkan agamanya dengan cara yang jarang kita temui di negara lain.

Walaupun sudah termasuk Negara yang modern, namun rakyatnya masih memiliki rasa percaya pada tuhan dan saling mengajak dengan cara dibuat tulisan "Kalian kesepian? kalian depresi? Ayo kembali pada Agama dan Tuhan" Seperti itu tulisan atau ajakannya.

Mba Ira kasih tips nih, saat kita berbelanja skincare di kawasan Myeongdong Street ini. Jangan dulu memutuskan beli, tapi teruslah berjalan dulu dari ujung sampai ke ujung lagi, karena pastinya kita akan dapat kurang lebih masker hingga 20 pcs dan dapat juga sheet mask dan juga skincare sample dari masing-masing store karena untuk menarik hati para pembeli yang sebagian besar adalah turis. 

Dan untuk kamu pencinta kuliner, ga usah khawatir ya... Disana banyak banget makanan di pinggir jalan yang super enak yang siap memanjakan lidahmu. dikasih lihat tuh ya jajanan kuliner yang terkenal banget masih trend di Jabodetabek. salah satu kuliner Korea yang lagi naik daun di Indonesia, Garlic Cheese Bread.

Dan jangan lupa untuk cobain corndog asli dari sana. Soal rasa mungkin sama aja, tapi ini kan asli loh khas dari sana.

Dan asiknya lagi bila kita sudah sampai di Korea kita langsung bisa install KLOOK sebuah aplikasi yang memudahkan kalian selama berada di Korea, sangat terbantu.

7. Seoul Tower
Anak muda pasti tau nih aksesories gembok cinta. Hanya dijadikan sebuah simbol sebagai tempat menuliskan harapan dari suatu hubungan yang sedang terjalin dengan harapan agar bisa terus bersama, dan tak akan ke lain hati, dengan ditandai gembok hati tersebut. 
Bila kita Menuju Seoul Tower dari arah kota Seoul memakan waktu 20 menit dan harus melewati sebuah terowongan. Dan bila kita menuju Seoul Tower kita harus agak menanjak seperti orang yang sedang arena kita harus sedikit hiking.

Seoul Tower kawasannya luas, kalau disini seperti kawasan Monas. Ini salah satu pilihan destini untuk melihat keindahan pemandangan yang luas. Untuk harga tiket masuknya dibandrol kurang lebih 150K ya guys.

8. Nami Island
Sampailah kita di destini terakhir kunjungan dalam tour virtual kita ke Korea Selatan yaitu ke Nami Island.

Awalnya tempat ini hanyalah sebuah resort biasa namun sejak dijadikan lokasi shooting Drakor Winter Sonata, tiba-tiba menjadi sangat terkenal. 

Keindahan dari Nami Island ini dapat terlihat dari 4 musim yang ada di Korea Selatan. Ada pemandangan pohon-pohon Pinus yang sangat indah di mata.
Karena sangat terkenalnya tempat ini, jadilah tempat ini tidak pernah sepi karena pengunjung selalu ramai datang. Sangat kesulitan bila ingin mendapatkan area berfoto yang bersih tidak ada latar belakang badan atau punggung orang lain, ini karena sangking ramainya loh.

Jadi saran Mba Ira, kawasan ini agak lenggang bila dijadikan waktu untuk berfoto saat pagi sekali, dan jam 5 sore area resort ini tutup. 

Selesai sudah perjalanan kami, dan kami harus kembali ke "hotel" alias leptop hehehe.... 

Seru yaa, gimana nih guys? Nambah penasaran dong pingin bisa langsung sentuh pohon Pinus ya, kalau aku sih yes...
Ya sudahlah, mari kita jadwalkan.

Seoul Tower I'm in Love ....







Tidak ada komentar:

Posting Komentar